5 Pertanyaan Cobra untuk Motulz

- December 20, 2016 -

Wawancara oleh Prima Rusdi
Foto doc. Motulz

motulz_in

5 Desember 2016

Blogger, konsultan kreatif digital, traveler, dan pembuat sketsa (sketcher) Motulz Anto Simatupang dikenal dengan nama Motulz saja. Karyanya dalam bentuk sketsa sudah tak terhitung, karena Motulz praktis ‘bekerja’ tanpa henti. Sebagian besar karya Motulz bisa Anda lihat di akun IG travelpics:@geospotter_org. Kenali Motulz lebih jauh via 5 Pertanyaan Cobra berikut ini:

1. Kenapa (harus) sketsa?

Sebetulnya jika dilihat sesuai artinya, sketsa itu adalah gambar cepat. Karya yang dihasilkannya pun terlihat dikerjakan dengan cepat dan cenderung kasar. Tapi pada prosesnya, saat traveling gue menemukan hal menarik dari sketsa yaitu proses sebelumnya. Sketsa butuh pengamatan dari sekedar melihat, yang kita kenal dengan observasi. Sebelum sketching gue pasti duduk untuk mengamati satu persatu obyek dan suasana yang akan gue gambar. Termasuk manusia dan kegiatannya. Dari situ baru gue akan memutuskan suasana atau obyek mana yang akan gue gambar. Pada akhirnya gue gambar secara garis besar yang kurang lebih hanya butuh waktu sekitar satu jam

2. Di mana kotamu dan bagaimana kamu mendeskripsikannya?

Gue tinggal di Jakarta, kota yang giat membangun, penuh dengan bangunan tinggi dan kendaraan pribadi. Yang katanya semua itu adalah simbol dari kemajuan ekonominya. Gue pikir gue setuju dengan itu, namun gue masih merasa pembangunan ekonomi tersebut belum sejalan dengan kemajuan kualitas manusianya. Bagi gue kualitas nilai manusia di sebuah kota itu bisa terlihat dari banyaknya kualitas berkesenian kota tersebut. Jakarta masih di bawah rata-rata. Pembangunan yang terjadi begitu rupa di Jakarta belum memanusiakan warganya, semua itu dibangun sebatas fungsinya saja. Fungsi jalan, fungsi jembatan, fungsi tempat tinggal dan seterusnya. Tapi ia belum hangat dan belum memanusiakan. Gue pikir, saat ini kita sudah berada di ambang situ, tinggal dilakukan dan digalakkan saja.

3. Di mana ‘ruang’/tempat kerjamu dan bagaimana kamu mendeskripsikannya? 

Saat menulis, kamar tempat gue tinggal nampaknya menjadi tempat ideal, tapi saat gue menggambar / sketsa.. tentunya tempat idealnya ada di luar sana.. hahaha

4. Apa bentuk/obyek yang menurutmu paling penting dan kenapa?

Segi empat atau kubus, karena seperti kata seniman Yudi Yudo Yoko, bentuk geometris alam segi empat atau kubus sangat jarang ditemukan di alam. Kebanyakan adalah lingkaran atau bola, dan segitiga atau prisma, tapi jarang sekali bentuk kubus atau segiempat yang dihasilkan oleh alam.

5. Menurutmu, apa yang kerap disalahpahami (kurang dimengerti) orang lain dari profesimu?

Haha.. banyak yang menduga karena gue bisa gambar maka gue seniman. Ketika gue menggambar maka gue harus berpameran. Dan masih banyak sekali salah paham yang sering gue dengar berkaitan dengan kegiatan kreativitas gue. Gue sih maklum, ya karena itu tadi.. bahwa kota ini masih rendah nilai kualitas berkeseniannya, hingga hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas seni pun masih dilihat terlalu sempit dan dangkal. Gak apa-apa, semua ini proses.. 

*kawankawan bisa membaca artikel #5PertanyaanCobra lainnya bersama:
Irma Hidayana
Glenn Marsalim