“AZAB” Artist Merchandise Project: Alienpang X The Ayank

- April 27, 2017 -

“AZAB”
ARTIST MERCHANDISE PROJECT
ALIENPANG X THE AYANKZ
27 April 2017
HALL A1 / GUDANG SARINAH EKOSISTEM
Peluncuran Merchandise – Mural Showcase – Musik

Memasuki awal tahun 2017, RURU Shop kembali membuat seri artist merchandise. Proyek ini mengajak dua seniman muda Jakarta yang gemilang yaitu ALIENPANG dan THE AYANKZ dalam proyek bertajuk AZAB.

Proyek ini merupakan program perdana RURU Shop di awal tahun 2017, setelah tahun lalu pindah ke tempat yang baru di Gudang Sarinah Ekosistem. Dengan semangat baru, RURU Shop terus mencari dan mendukung teman-teman seniman untuk berkolaborasi membuat proyek-proyek menarik. Pada proyek “AZAB”, kami mengundang Shelda alias Alienpang dan Ipal alias The Ayankz, keduanya banyak berkarya dengan medium digital dan mempunyai merchandise sendiri. Karya mereka sangat catchy, dengan warna yang mencolok dan konten yang menohok. Alienpang tergabung dalam kolektif seniman Buka Warung, dia banyak mengambil ikon-ikon popular yang berkesan horor dan mencampurnya dengan konten lokal klenik. Sedangkan The Ayankz banyak membahas fenomena dan perilaku sosial masyarakat, khususnya anak muda yang berselimutkan nafsu impulsif. Keduanya mewakili generasi saat ini, dimana segala informasi dan visual dapat dengan mudah dicari, tetapi mereka dapat mencampur dan mengemasnya menjadi sesuatu yang menarik dan relate atau terhubung dengan budaya pop kita.

Pada project ini kami mengambil tema AZAB, yaitu siksaan yang dihadapi sebagai akibat kesalahan yang pernah atau sedang dilakukan. Istilah ini populer ketika ada seri sinetron religi di televisi lokal yang menceritakan tentang orang yang terkena azab mengerikan, sinetron tersebut mendapatkan rating tinggi sebelum akhirnya dihentikan tayang, hal itu membuktikan bahwa masyarkat kita sangat menggemari tayangan televisi bertemakan agama dan klenik. Isu klenik dijadikan tema pada proyek artist merchandise kami tetapi dengan konteks saat ini. Kedua seniman ini berperan sebagai pembuat azab bagi pengguna telepon pintar yang tidak pintar. Kolaborasi ini menghasilkan berbagai produk seperti kaos, sweater, dress, scarf, pin dan zine yang di produksi sangat terbatas.

Penyelenggaraan acara ini merupakan bagian dari program Artist Merchandise yang diadakan oleh RURU Shop setiap tahun secara berkala dengan cara yang mengundang perupa untuk berkolaborasi membuat produk sesuai ciri khas mereka. Selain itu ada pula Artwork Project yang mengundang para perupa untuk membuat karya dengan tema dan material yang spesifik. Kedua program tersebut merupakan kegiatan yang bersifat menyenangkan, bermain-main namun tetap konseptual.

RURU Shop telah membuat berbagai project seperti Art Book Project, Mix Tape Project, Artwork Project “Begadang Neng?” , Artist Merchandise “The Popo X Woof”, Artwork Project Untuk 19 Tahun NAIF, Artist Merchandise Pandai Besi “Setelah Desember”, Syarikat Dagang Project dan yang terakhir adalah Music Poster Exhibition. Seperti biasanya, RURU Shop selalu berusaha mencari tema dan material yang berbeda dalam setiap projeknya, dan untuk projek kali ini kami tertarik untuk mengajak dua seniman muda Jakarta untuk berkolaborasi membuat karya dan produk menawan tetapi dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau.

Tentang RURU Shop
RURU Shop adalah toko yang menjual produk dan karya dari para seniman masa kini (artwork, conceptual works, artist’ merchandise, tas, T-shirt, barang-barang eksentrik, buku, CD pilihan, DVD pilihan, dll). Toko ini bertempat di ruangrupa dan telah dibuka sejak 14 Februari 2010.

RURU Shop
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6 Jakarta
081290362655
E Rurushop6@gmail.com
IG @rurushop
TWT @rurushop
CP Dila Ayu / Program dan Artistik / 08562164008

Tentang Alienpang
Alienpang seniman visual yang senang bermain dengan warna terang. Alien dan fesyen dari neraka ialah makanan sehari-hari bagi jiwanya yang menolak dewasa. 
saat ini tergabung dengan beberapa kolektif seperti Bukawarung, Sekte komik dan Jekenjel.

Tentang The Ayankz
The Ayankz merupakan seorang pemuda kelahiran Bekasi, Pemuda berdarah Jawa-Pakistan ini banyak berkarya dibidang ilustrasi, mural, seni cetak grafis, dan video. Sejak tahun 2013 ia menjalankan sebuah proyek ilustrasinya seorang diri yang ia namakan The Ayankz, didalam karyanya ia sering mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan fenomena dan keadaan sosial yang terjadi di masyarakat, seperti hal-nya isu-isu percintaan, lifestyle, sex, kehidupan sosial, dan kenakalan remaja. Selain itu juga tergabung dalam kelompok seni yang berkarya lewat media video yang bernama GGSS (Gambar Gerak Simpang Siur), ia juga menjadi vokalis di band beraliran punk rock yang bernama Muatan Lokal. Dan pada awal tahun 2016 ia resmi menjadi salah satu member dari GHH (Grafis Huru-Hara).