FILM MUDIK KARYA ADRIYANTO DEWO AKAN BERKOMPETISI DI 4TH INTERNATIONAL FILM FESTIVAL AND AWARDS MACAO

- November 18, 2019 -

Lima tahun setelah film panjang pertamanya dirilis, Sutradara Adriyanto Dewo kembali hadir dengan film terbarunya berjudul Mudik pada tahun ini. Film hasil produksi Relate Films dan Lifelike Pictures ini akan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berkompetisi dalam 4th International Film Festival & Awards Macao (IFFAM) pada kategori International Competition bersama delapan film lainnya. Mudik akan diputar pada 9 Desember 2019 pukul 19:15 waktu setempat di Small Auditorium Macao Cultural Center yang berkapasitas 389 kursi. IFFAM akan menjadi World Premiere untuk film Mudik yang menggunakan judul internasional Homecoming.

Mudik bercerita tentang Aida (Putri Ayudya) yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik bersama sang suami, Firman (Ibnu Jamil) ke kampung halaman mereka sekaligus untuk menemukan solusi atas konflik rumah tangga yang sedang mereka hadapi. Dalam perjalanan tersebut, tak sengaja mereka terlibat dalam sebuah kecelakaan yang akhirnya merenggut nyawa suami orang lain. Dalam prosesnya menghadapi kejadian yang tidak terduga ini, Aida dipaksa untuk menemukan jawaban yang selama ini tersimpan di dalam hidupnya.

Sheila Timothy selaku Co-Produser dari Lifelike Pictures juga turut mendukung film Mudik. “Senang sekali bisa kembali bekerja sama dengan Sutradara Adriyanto Dewo yang merupakan sutradara film kami, Tabula Rasa. Adri kembali menunjukkan kepekaan dalam pengembangan karakter dan gaya penceritaan yang sangat subtle dalam film Mudik. Lolosnya Mudik dalam kategori International Competition di IFFAM merupakan suatu permulaan yang baik”.

Edisi keempat IFFAM akan digelar pada 5 – 10 Desember 2019 di Macao Cultural Center. Sekitar 50 film dari berbagai negara yang akan diputar terbagi dalam beberapa kategori, seperti New Chinese Cinema, World Panorama, Flying Daggers, dan Classics & Retrospectives. Beberapa film yang akan diputar adalah film Jojo Rabbit karya Taika Waititi sebagai film pembuka dan The Lighthouse karya Robert Eggers. Sementara dari sisi kompetisi, IFFAM akan berfokus kepada filmmaker yang baru pertama atau kedua kalinya membuat film dengan tujuan mengangkat karya-karya filmmaker tersebut.

Film Mudik yang disutradarai oleh Adriyanto Dewo dan dibintangi oleh Putri Ayudya, Ibnu Jamil, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama akan rilis di bioskop Indonesia pada 2020 mendatang.