HARLAN MERILIS ALBUM “OPERASI KECIL” BERSAMA PARLENTE PRODUCTS

- August 29, 2017 -

Agustus 2017, saya menerbitkan album “Operasi Kecil” di bawah naungan merk dagang Parlente Products.

Sebelumnya saya merilis album mini “Kopi Kaleng” (2016), “Sentuhan Minimal” (2013), “Jajan Rock” (2013), dan “Sakit Generik” (2012)—semuanya bersama Rain Dogs Records, kaset dan fanzine kumpulan karya bertajuk “Binfolk” (Nanaba Records, 2017) serta single “Cekcok” untuk album soundtrack Rocket Rain (Sekuntum Records, 2013) dan “Suap Suap” untuk album kompilasi Frekuensi Perangkap Tikus (ICW, 2012).

Album “Operasi Kecil” dikerjakan setelah suatu hari saya membeli CD Lou Reed/John Cale album “Songs for Drella” (Sire Records, 1990) di toko musik Laidback Blues, Pasar Santa, Jakarta Selatan. Cukup lama tak mendengar album itu, kini saya lakukan berulang di kendaraan. Sembari membaca catatan pinggir dan lirik-liriknya, memandang foto-foto di sana, dan tentu saja mengelus beludru pada kemasan albumnya, datang dorongan untuk mulai merekam album baru.

Saya memulai mengerjakan album Operasi Kecil dengan menulis dan merekam lagu “Kerja Itu Liburan”, dengan menggunakan gitar elektrik. Kemudian, ada juga “Kebanyakan Ngaso” dan “Tak Baik Maruk” yang ditulis pada suatu hari sesaat di belakang panggung sebelum saya memulai sebuah pertunjukkan, dengan gitar akustik. Ada lagu “main-main” di perjalanan, sudah lama sekali sebetulnya peristiwa ini terjadi, yang saya olah kembali menjadi sebuah komposisi berjudul “Es Mambo Kacang Ijo”. Sebuah lagu untuk perpisahan teman sekantor pun hadir di sini, judulnya “Sugesti Biru”. Begitu juga lagu “Sayap” dan “Ijin Mal Diteken”, sketsa-sketsanya sudah pernah saya rekam di handphone sebelumnya.

Di luar itu, kalau tidak salah, adalah lagu-lagu yang benar-benar baru ditulis pada saat-saat jadwal rekaman. Saya membayangkan sulitnya tidur siang pada “Posisi di Kantor”, teringat akan teman-teman yang suka “Kasak Kusuk Resign” di kantor-kantor dalam presentasi electro-pop yang dingin, membuat lagu rap yang personal tentang “Lupa”, membuat komposisi acapella yang diguyur tentang “Mandi”, menyadari laju usia pada “Mata Mata Plus”, sementara lagu “Operasi Kecil” yang menjadi nama album terinspirasi dari operasi kecil.

Tampil beberapa gaya baru, sebenarnya presentasi album ini masih serupa dengan karya-karya saya sebelumnya. Pop, sederhana dan amatir.

Begitulah kira-kira isi press release ini.

Selamat menikmati albumnya, ya.

Salam,

Harlan