Kapal Udara Menari di Ketinggian; Merayakan Tiap Pencapaian di Tahun 2017

- January 12, 2018 -

Tanpa pelantang suara dan amplifier, Kapal Udara merilis video musik “Menari” di channel youtubenya. Video ini dibuat atas kolaborasi antara Kapal Udara dengan Cognition Film. Video yang berdurasi empat menit lima belas detik ini berlatar di Malino, salah satu tempat daratan tinggi di Sulawesi Selatan.

Kapal Udara merupakan band folk asal Makassar yang terdiri dari Ayat (vocal/gitar), Ale (gitar/backing vocal), Dadang (bass/backing vocal), serta Bobby (drum). Band ini telah merilis debut mini album bertajuk Seru dari Hulu di bulan Oktober 2017 kemarin. Seru dari Hulu bercerita tentang siasat penghidupan manusia, serta hal-hal yang ditemui masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Menari merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam mini album tersebut. Menari bercerita tentang perayaan manusia di tiap pencapaian: Tiap musim panen tiba; Tiap mendapatkan tangkapan laut yang melimpah; Tiap keuntungan dalam usaha: Tiap jeda dalam aktivitas keseharian masyarakat urban. Menari berarti menemukan diri yang lama terasing. Menari berarti berhenti berkamuflase. Menari adalah sebuah usaha mencapai ekstase.

Lalu.. Larut..

Video Menari ini dibuat sebagai ‘perayaan’ atas pencapaian Kapal Udara di tahun-tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut tidak lain adalah: membuat karya, menyebar gagasan, dan mendapat teman baru. Gagasan-gagasan dalam karya Kapal Udara banyak lahir dari kampus serta obrolan-obrolan ringan bersama teman-teman terdekat. Kapal Udara percaya bahwa musik bisa menjadi pintu masuk pertemanan, dan sebaliknya, pertemanan bisa menjadi sumber inspirasi dalam bermusik.

Melalui video ini, Kapal Udara ingin berterimakasih kepada seluruh teman yang telah memberikan energi kepada Kapal Udara, hingga Kapal Udara terus berlayar ke ruang-ruang dengar dan pikiran banyak orang. Kapal Udara berharap, di tahun 2018 akan mendapati perjalanan yang lebih Seru dari Hulu.

___