Pengumuman Pemenang QUIZ “AKU DAN YANG KHAS DARI DAERAHKU”

- August 20, 2013 -

Dan inilah tiga pemenang yang berhak atas CD Mini Album White Shoes & The Couples Company “Membawakan Lagu-lagu Daerah”, Jurnal WSATCC Tur Eropa 2013 dan Sticker Manis MAJALAH COBRA. Hadiah persembahan dari Majalah Cobra, White Shoes & The Couples Company, dan demajors. SELAMAT – SELAMAT – SELAMAT!!!

ADRIAN WIRAWAN (Bandung)
finalis 1

Nggrookk…Saat libur lebaran dia memilih untuk berkumpul dengan babi-babi lucu di peternakan babi di Desa Daleman , Sukaharjo, Jawa Tengah. Dengan kaos suvenir Pulau Lombok yang juga khas, dia sungguh tau membuat dua “pesan” sekaligus pada karya foto ini. Spontanitas terukur dengan jari jempol tanda siap untuk dibekukan dalam momen luar biasa ini, momen mengharukan di kandang babi disebuah desa di Sukoharjo. Selamat untukmu, sampaikan salam untuk mahkluk di sekitarmu jika engkau kembali lagi nanti untuk berkunjung memberikan berita bahagia ini. Nggrokk…nggrokk!!

OKTARIA ASMARANI (Denpasar)
Finalis-2

Oh… Oohh…Lagi-lagi Bali membuktikan bahwa daerahnya selalu menjadi bagian yang tidak bisa dilepas jauh dari apa itu yang “khas”. Oktaria yang sudah jadi bagian yang akrab dengan kain dan pakaian adat, kepangan rambut panjang yang lebat, tatapan menuruni tangga yang sudah luar biasa tenang, cahaya lembut yang menghujani wajah mudanya, aroma tanahmu dapat kami cicipi walau hanya dalam bentuk JPEG image yang kau kirim.Sungguh kehadiran foto ini begitu kuat menggugah bahwa aku ingin menginjakkan kaki ke sana.


ERIC SETYO NUGROHO (Jogjakarta)

Finalis-3

Saya mengenakan batik bermotif ‘Geblek Renteng’ yang menjadi batik khas daerah kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Batik yang diciptakan khusus sebagai identitas dari Kabupaten Kulonprogo. Batik ini terinspirasi oleh makanan yang juga menjadi makanan khas Kulonprogo, yaitu’Geblek’. Geblek merupakan makanan yang berbentuk menyerupai angka delapan dan terbuat dari tepung tapioka atau kanji kemudian digoreng. Biasanya geblek disajikan bersama ‘tempe benguk’ yang juga menjadi makanan khas Kulonprogo.
(ditulis oleh Eric Setyo Nugroho)

Aduhai sekali latar belakang batik itu, dibuai halusinasi, mengelabuhi, persaingan optikal, sublimasi, ilusi-ilusi yang harus mata paksakan sejenak untuk dapat larut dalam gelombang angka delapan yang berbaris ingin dikunyah, seperti apa efek makan “Geblek”? Apakah dapat membuat jadi jago berbaris rapih membentuk angka delapan?. Aku mau.

Serta satu lagi pemenang favorit yang sangat sulit untuk tidak kami pilih:

ROYAN BARUS (Palangkaraya)
Finalis-4

Kami menyertakan foto ini juga untuk menjadi pemenang tambahan, mendapat hadiah satu buah Majalah Cobra edisi #4. Bukan apa-apa, lihatlah cengiran bandelnya berfoto bersama penari-penari pilihannya. Bagaimana cara dia meminta izin untuk foto bersama penari-penari itu? Alasan apa yang dikemukakannya untuk meminta berfoto bersama? Apakah semacam, “Mbak penrari, boleh foto bareng nggak buat kontes Majalah Cobra?’. Lalu, apakah ia sempat pula meminta nomer kontak para penari itu untuk alasan berikutnya, “Nanti kalau memang aku kabarin..” ya ? Atau memang dia hanya suka saja berfoto bersama para penari, setelah terpana menikmati tarian daerah dan terkesan oleh paras-paras penari? “Mbak, boleh foto nggak?”, apa pun motivasi di baliknya, dan inilah hasil dari permintaan itu.