Sirati Dharma ‘Inside’

- December 23, 2017 -

Sirati Dharma merupakan band Shoegaze yang bermukim di Jakarta. Band yang digawangi tiga personil ini terdiri dari Pandji Dharma (vocal/guitar), Doys Christopher (Bass) dan Ready Febrian (Drums). Band ini terbentuk pada tahun 2014 dan langsung mendapat perhatian usai merilis debut Entitas Pendek bertajuk “7” yang kemudian menjadi sensasional.

Pasalnya EP tersebut habis terjual di hari pertama gelaran Record Store Day 2015. Tak hanya itu, Rolling Stone Indonesia mendapuk Sirati Dharma sebagai “Top 8 Best Seller Album Release by Record Store Day Indonesia 2015”. Sirati Dharma juga dikenal usai menjadi pembuka untuk Kelompok Penerbang Rocket, The SIGIT dan The Brandals.

Usai berhibernasi panjang, kini Sirati Dharma merilis single baru berjudul “Inside”, yang dikemas dengan lebih matang, fresh dan dewasa di bawah naungan Palm House Records. Sejak 20 Desember single “Inside” ini sudah dapat mulai didengarkan di semua digital platform seperti iTunes, Google Play, Spotify, dan masih banyak lagi

Shoegaze band asal Jakarta ini  sebelumnya adalah band rock yang komposisinya bertumpu terhadap gitar riff, namun kini menghadirkan beberapa element baru seperti moog synthesizer, roland synths. Dalam proses pengerjaan single ‘Inside’ ini, Viki dari grup Kelompok Penerbang Rocket untuk mengisi take drum. “Inside” mengajak pendengarnya untuk bisa melihat musik mereka dari sisi perspektif yang lebih fresh dan unik.

Single “Inside” ini menunjukan ‘Sirati Dharma’s Sound Journey’, dimana diisi dengan ‘wall of sound’ guitar yang terkenal pada era rock 90 an. Lagu ini dipenuhi dengan banyak layer gitar di dalamnya sehingga menciptakan atmosfir yang membentuk mood gelap namun menambah semangat. Ditemani dengan fuzzy bass aggressif dan drum yang berisi dengan ketukan sinkopasi agar selalu mengejutkan para pendengarnya. 

Mereka berharap single baru ini bisa mengimbangi lifestyle para pendengar yang hidup di era modern ini yang terus berubah dan tidak bisa diprediksi. 

Pandji Dharma, vokalis dan gitaris Sirati Dharma menggambarkan bahwa single “Inside” ini menceritakan tentang perjalanan seseorang untuk mengenali dan menghadapi ketakutan atau phobia nya supaya bisa lebih menikmati hidup, menjadi dewasa, dan berani untuk menghadapi keputusan-keputusan yang sulit. 

Single ini ditemani dengan music video yang bernuansa lo-fi dan 90’s mood tetapi di dunia lifestyle yang modern.

Single “inside” ini akan menjadi salah satu senjata untuk album terbaru Sirati Dharma yang masih dalam proses produksi rekaman. Lagu ini akan mempresentasikan warna dan karakteristik karya yang akan diberikan Sirati Dharma pada album yang sedang digarap pada saat ini.