THE UNKNOWN OF THE FAMILIAR Solo Exhibition of Zulfian Amrullah

- March 24, 2017 -

Pembukaan:
Selasa, 28 Maret 2017
19.00 WIB

*Pameran berlangsung hingga 22 April 2017

Zulfian Amrullah secara formal mempelajari arsitektur, dan kemudian berfokus lebih dalam pada arsitektur landscape. Dengan latar belakang demikian, pengetahuan dan referensinya atas ruang, struktur dan material, memberi pengaruh besar dalam praktiknya ketika memasuki wilayah seni. Keenam karya yang dipresentasikan dalam The Unknown of The Familiar ini merupakan jelajah Zul terhadap gagasan keterbatasan material. Ia mengolah plat-plat stainless steel dan akrilik, yang biasanya sudah disiapkan untuk segera diolah, dalam ukuran standar yang dipotong pabrik, dan membentuknya menjadi patung. Dalam proses “mematung” ini, Zul tidak lagi menatah atau membangun komposisi dari berbagai material, tetapi ia bermain dengan gagasan tentang bidang. Plat-plat itu dipotong, dibentuk,dilenturkan, dilipat, sehingga mereka menjadi sebuah konstruksi. Dari satu jenis material dengan bidang terbatas, Zul mencoba melahirkan citra visual baru, yang memang tampak berbasis pada struktur dan meruang, seperti maket arsitektur, tetapi ia menawarkan tampilan artistik yang segar.

The Unknown of the Familiar juga merupakan refleksi atas ketegangan dalam kaitannya dengan relasi-relasi sosial. Bentuk-bentuk yang diciptakan Zul sebagian menunjukkan dua hal yang bersisian atau bertentangan. Ada imajinasi antara harmoni atau oposisi. Judul pameran, karenanya, merujuk pada situasi yang antara; tentang apa yang terasa akrab tetapi juga tak terjangkau, yang jauh tetapi dekat, yang kita kenali tapi tak kita mengerti. Bentuk-bentuk ini menunjuk dua kutub; dari satu ujung ke ujung lain, terkadang bertahan di pinggir atau mencoba menyodok ke tengah. Bentuk ini mengingatkan pula pada gestur dua orang yang mencoba untuk merangkul, menyapa, tetapi pada saat yang lain terasa makin menjauh, terpisah, atau membangun batas-batas.

Zulfian Amrullah menyelesaikan studinya di jurusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006 dan sejak tahun 2013 aktif terlibatdalam program residensi, pameran seni rupa, maupun seni pertunjukan, antaralain ‘Earth Manual Project Exhibition 2013’, Design and Creative Center Kobe, Japan (2013) dan ‘Planet Kesebelas’ Teater Amarta, Kedai Kebun Forum, Yogyakarta (2014). Saat ini ia telah menetap dan berkarya di Yogyakarta. Zulfian terpilih sebagai salah satu seniman program Open Studio di Ark Galerie pada tahun 2016, dengan proyek karyanya berjudul “Kill Your Darlings”.

Ark Galerie

Suryodiningratan 36A,
Yogyakarta 55141,
Indonesia

O Tuesday – Sunday 11 AM – 6 PM
T.F +62274 388 162
E arkgalerieID@gmail.com
W www.arkgalerie.com