Witching Hours Vol. 10: Akhir dari Sebuah Era

- January 26, 2017 -

Teks oleh Dwi Lukita

Bandung, 18 Januari 2016 – Serial pertunjukkan musik Witching Hours yang digagas oleh Vanilla Kitchen akan kembali diadakan pada hari Rabu, 1 Februari 2017. Gelaran ini menampilkan sederat penampil akustik atau folk, yakni Pygmy Marmoset (Bali), Oscar Lolang, Bin Idris, dan Sky Sucahyo. Pihak penyelenggara menyatakan, edisi kesepuluh ini merupakan edisi penutup, sekaligus akhir dari sebuah era.

Mengingat kembali perjalanan Witching Hours, program ini menjadi salah satu yang berperan penting dalam membangkitkan kembali gairah bermusik di Bandung yang sempat meredup kala itu. Semuanya berawal dari kegelisahan pihak Vanilla akan minimnya ruang tampil bagi musisi, yang kemudian menciptakan niat untuk memantik semangat mengadakan acara di cafe.

“Waktu itu saya merasakan dunia hiburan, khususnya di cafe, sedang lesu banget. Makanya Witching Hours ini memang ditujukan untuk mengangkat lagi semangat mengadakan acara. Konsepnya sendiri adalah membawa band-band yang jarang main di Bandung, beserta band Bandung yang baru dan potensial.” Tutur Janwar dari pihak Vanilla.

Adapun dari sisi penampil, keempat nama yang telah disebutkan di atas mengindikasikan nuansa spesial. Pygmy Marmoset adalah duo akustik generasi terkini asal Bali yang telah cukup dikenal, baik secara langsung maupun digital. Bin Idris baru saja melepaskan album perdana yang langsung disambut dengan banyak respon positif, salah satunya dinobatkan sebagai salah satu rilisan terbaik 2016 oleh majalah Rolling Stone Indonesia. Sedangkan Oscar Lolang dan Sky Sucahyo, adalah dua singer-songwriter muda yang begitu menjanjikan dan konstan mencuri perhatian khalayak. Oscar baru saja merilis single terbaru berjudul ‘Little Sunny Girl’. Sedangkan Sky, setelah mengeluarkan single ‘Lejar’, sedang ada di proses penggarapan album perdananya.

Setelah acara ini, Vanilla akan vakum selama kurang lebih satu tahun untuk melakukan renovasi. Hal ini pula yang menjadi salah satu faktor penting dalam berakhirnya seri Witching Hours. Oleh karenanya, pihak Vanilla berharap penonton bisa mendapatkan kesan istimewa di edisi pamungkas ini. Semoga saja selain menjadi akhir dari sebuah era, juga menjadi awal dari sesuatu yang baru dan lebih baik.